7 bahaya tidur saat rambut basah

7 Bahaya Tidur Saat Rambut Basah ! Apa saja ya ? Padatnya aktivitas hingga sore membuat kita ingin cepat-cepat pulang ke rumah untuk beristirahat. Mandi sebelum tidur dapat membantu tubuh rileks dan tidur lebih nyenyak. Hal ini memungkinkan mengurangi ketegangan otot dan stres akibat kelelahan.

Terkadang rasa lelah membuat kita langsung tertidur dalam keadaan rambut basah. Namun, kebiasaan ini bisa menyebabkan berkembangnya beberapa masalah kesehatan.

Meski kelihatannya tidak berbahaya, hal ini dapat menyebabkan reaksi merugikan pada tingkat kapiler dan juga pada otot, serta sistem kekebalan tubuh. Banyak yang tidak sadar akan konsekuensi ini, sehingga mereka kerap melakukannya dan menjadikan itu sebagai kebiasaan.

Beberapa efek negatif mungkin terjadi sehingga Anda perlu berpikir dua kali untuk tidur dengan keadaan rambut basah, seperti yang dilansir dari laman Step To Health, Senin, (14/8/17).

1. Sakit kepala

Tidur dengan rambut basah dapat mengakibatkan sakit kepala karena kelembapan menyebabkan perubahan suhu tubuh yang mendadak.

Membungkus rambut dengan handuk bisa membuatnya semakin parah karena kelembapan dipertahankan untuk jangka waktu yang lebih lama. Hal ini mempengaruhi sirkulasi darah di kulit kepala dan saat ketegangan meningkat dapat menyebabkan rasa sakit dan mengganggu tidur.

2. Rambut rusak

Jika Anda peduli akan kesehatan dan kekuatan rambut, sebisa mungkin hindari mencuci rambut sebelum tidur. Hal ini mendorong melemahnya helai rambut sepanjang waktu dan membuat rambut rentan rusak dan rontok.

3. Kulit Kepala Berketombe dan terlihat kusam 

Selain disebabkan oleh kulit kepala yang kering dan jamur, ketombe juga dapat muncul jika tidur dalam keadaan rambut basah. Kondisi rambut basah yang hangat, gelap, dan lembap dapat memicu jamur pada kulit kepala.

Menempatkan kepala yang basah di atas sarung bantal yang kering dan lembab akan menyebabkan minyak pada kulit kepala diserap oleh kain sehingga rambut dehidrasi dan tampak kusam.

4. Rambut Kering

Ketika tidur saat rambut masih basah, air akan terserap oleh bantal yang lembab dan kering. Nah, ini salah satu 7 bahaya tidur saat masih basah Bahayanya, tidak hanya air yang diserap, tapi juga kandungan minyak alami rambut.

Kondisi tersebut dapat menyebabkan rambut mengalami dehidrasi, menjadi kering, dan mudah patah.

5. Menyebabkan Kulit Kepala Berjerawat 

Salah satu bahaya tidur saat rambut basah adalah menyebabkan bantal yang kita gunakan menjadi lembap. Kondisi lembap inilah yang memicu bakteri dan berkembang menjadi  jerawat pada wajah 

Karena bantal yang basah dan lembap akibat tidak mengeringkan rambut sebelum tidur akan menjadi sarang bakteri atau jamur. Hal ini lah yang bisa menyebabkan jerawat pada kulit.

6. Rambut Menjadi Rontok

Rambut yang basah tersebut dapat memicu tumbuhnya bakteri atau jamur sehingga memicu terkelupasnya kulit kepala dan bahkan kerontokan pada rambut. Hal ini karena rambut yang basah merupakan tempat hangat dan lembap yang disukai oleh mikroorganisme untuk berkembang.

Pertumbuhan bakteri dan jamur tersebut juga dapat memicu sakit kepala karena tubuh berusaha melawan infeksi yang mungkin ditimbulkan oleh peningkatan aliran darah. Penigkatan aliran darah ini juga meningkatkan tekanan sehinggu muncul rasa sakit kepala.

Selain itu, tidur saat rambut masih basah juga dapat menyebabkan rambut Anda lebih berminyak. Hal ini disebabkan oleh perubahan yang dialami oleh kelenjar sebaceous, yang pada gilirannya menyebabkan tingkat pH tidak seimbang di kulit kepala.

7. Rambut Kusut di Pagi Hari

Dan yang terakhir adalah Rambut Kusut Saat Bangun di Pagi Hari. Ketika tidur dengan rambut yang basah setelah keramas, rambut mengering sendiri saat tidur. Alhasil, Anda akan terbangun dengan rambut yang kusut. Hal ini bisa menyebabkan Anda mengalami bad hair day.

Klik disini

Baca Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *